Berikut Ini Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat


Astro Komputer servis komputer & Printer di Wonosari (HP: 0818 0411 9567)

Berikut Ini Tips dan cara mudah Untuk mengatasi laptop yang cepat panas atau overheat.

Tapi sebelum masuk ke inti dari artikel kali ini, saya akan kasih tahu beberapa efek yang dapat ditimbulkan terhadap laptop kalau overheat pada laptop tidak cepat diatasi. Efek yang sering terjadi diantaranya adalah laptop sering hang, kadang restart sendiri, dan yang paling parah dapat menyebabkan processor mati. Untuk itu, mengingat efeknya yang dapat ditimbulkan bisa sangat fatal untuk laptop anda, maka anda harus segera mengatasi masalah tersebut. Setelah tahu penyebabnya dan juga efek yang dapat ditimbulkan dari overheat pada laptop, selanjutnya adalah masuk pada langkah – langkah mengatasi laptop yang cepat panas.

1. Pastikan Sirkulasi Udara Baik
Saat kita sedang menggunakan laptop, tempatkanlah di tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik. Maksudnya, jangan meletakkan laptop ditempat yang pengap, misal diatas kasur atau diatas bantal, laptop kebanyakan menempatkan lubang untuk sirkulasi udara mereka dibagian sisi samping maupun sisi bawah dari laptop itu sendiri. Laptop yang sedang menyala diatas kasur maupun bantal dapat menyebabkan sirkulasi udara menjadi buruk, karena udara panas terperangkap oleh bantal sehingga udara baru yang akan masuk menjadi terhalang dan debu dari kasur atau bantal bisa masuk ke kipas. Lama – kelamaan karena sirkulasi udaranya buruk, menyebabkan laptop mejadi overheat dan akan berdampak pada menurunnya performa laptop itu sendiri.

2. Gunakan Cooling Pad
Cooling pad adalah salah satu alat yang dapat mengurangi overheat pada laptop. Alat ini berfungsi mengurangi atau menurunkan panas pada laptop dengan cara menambah udara melalui bagian bawah laptop, agar sirkulasi udaranya menjadi lancar. Tetapi perlu diingat, cooling pad juga dapat membawa dampak negative kalau kita tidak benar dalam pemakaiannya. Misalkan bisa membawa debu masuk ke dalam laptop, ini terjadi jika cooling pad dalam keadaan kotor. Nah supaya tidak membawa dampak negative usahakan membersihkan cooling pad dari debu- debu yang menempel secara rutin. Selain itu perlu di perhatikan, kadang ada laptop yang menempatkan sirkulasi udaranya di bawah monitor. Nah untuk satu ini saya rasa tidak perlu juga menggunakan kipas cooling pad karena tidak begitu berguna. Udara hanya muter-muter disitu saja.

3. Bersihkan Kipas Atau Heatsink
Kipas yang digunakan terus – menerus, bukan tidak mungkin menumpuk debu yang cukup banyak. Hal ini dapat menyebabkan kecepatan putar dari kipas menjadi menurun atau berputar dengan lambat dan itu juga alasan utama mengapa laptop anda bisa panas. Untuk mengatasinya, lakukan pembongkaran kemudian bersihkan kipas dan heatsink laptop hingga benar – benar bersih, dan usahakan beri pelumas. Tapi Anda juga harus berhati-hati membongkar laptop tersebut jika itu merupakan pengalaman pertama bagi Anda.

4. Tambahkan Thermal Pasta
Kinerja processor yang terus – menerus menyebabkan panas, dan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan lapisan thermal pasta pada processor mengering. Padahal thermal paste digunakan sebagai penghatar keluarnya panas dari chip processor. Dengan begitu lebih baik tambahkan thermal paste secara berkala agar panas pada processor bisa dihantarkan dengan baik.

5. Istirahatkan Laptop
Penggunaan laptop dalam waktu lama untuk kerja berat seperti bermain games ataupun mengedit foto atau video lebih baik kita istirahatkan dulu. Seperti halnya kita manusia, laptop juga butuh istirahat setelah bekerja lama. Istirahatkan laptop anda minimal 30 menit, sebelum nanti digunakan kembali. Istirahatkan dalam hal ini harus dimatikan total ya.

Berikut Cara mengatasi laptop panas. cukup sekian penjelasan dari Astro Komputer servis komputer & Printer di Wonosari (HP: 0818 0411 9567), dan semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar