6 Langkah Memperbaiki Keyboard Laptop/Notebook Yang Tidak Berfungsi


Hal yang sering membuat kesal saat dikejar deadline pekerjaan adalah saat ada bagian keyboard laptop yang tidak berfungsi. Pasti masalah ini akan menghambat pekerjaan anda dan cukup membuat frustasi.

Maka dari itu, kami akan memberitahu anda bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Keyboard merupakan salah satu bagian Hardware yang memiliki peran penting. Tetapi karena sering digunakan, keyboard menjadi bagian laptop yang sangat rentan rusak. Ada beberapa penyebab tombol keyboard tidak berfungsi.

Sebagian besar kesimpulan, apabila ada tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi, bisa jadi karena terdapat masalah pada software atau hardware. Pada artikel ini, ASTRO KOMPUTER akan infokan bagaimana Cara Memperbaiki Keyboard Yang Yidak Berfungsi.

1. Rutin membersihkan keyboard dari debu


Jika anda menemukan satu tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi, sementara tombol yang lainnya baik-baik saja, ada kemungkinan keyboard tersumbat oleh debu yang menumpuk.

Cara mengatasi keyboard error seperti itu dengan membersihkan debu secara rutin yaitu dengan memiringkan laptop pada sudut 75 derajat, setelah itu goyangkan laptop.  Sebelum itu, anda harus memastikan jika laptop sudah dimatikan. Dengan begitu anda bisa memiringkan hingga sudut 90 derajat jika diperlukan.

Setelah itu, bersihkan bagian bawah dan atas keyboard laptop dengan kuas halus atau alat pembersih lainnya. Lalu cek semua tombol, apakah sudah normal seperti semula.

2. Restart Laptop


Jika seluruh keyboard tidak merespon tindakan yang anda lakukan, mungkin masalahnya ada di software, driver ataupun akibat laptop terlalu panas.

Coba restart laptop, ada kemungkinan keyboard laptop anda bisa kembali seperti semula.
Dengan melakukan restart mungkin bisa memecahkan masalah tersebut. jika tidak, Anda bisa mencoba langkah selanjutnya.

3. Restore Windows


Jika keyboard laptop berhenti bekerja setelah anda melakukan instalasi setiap aplikasi baru atau mengubah pengaturan, cobalah melakukan restore Windows. Kemungkinan besar ini akan memecahkan masalah yang anda hadapi. Untuk memulihkan sistem, anda bisa menggunakan cara berikut:

  • Klik menu Start pada bagian pojok bawah desktop, lallu klik Control Panel.
  • Kemudian, pilih menu System and Security lalu pilih Back up your computer.
  • Pada halaman selanjutnya, klik Recover system settings or your computer.
  • Langkah terakhir klik Open System Restore.

Setelah tahapan tersebut selesai, anda cukup mengikuti Wizard sederhana untuk melakukan restore Windows. Laptop akan melakukan reboot. Jika itu hanya masalah sistem, seharusnya keyboard laptop sudah sembuh dan dapat digunakan kembali.

4. Melakukan perbaikan Driver Keyboard


Keyboard laptop yang tidak berfungsi, bisa dikarenakan Driver Keyboard tidak up to date atau ada aplikasi perusak yang menyebabkan keyboard kurang responsif.

Anda dapat memeriksa dan memastikan apakah Driver Keyboard bekerja dengan baik, begitu cara memeriksanya:

  • Klik menu Start dan pilih Control Panel.
  • Pada bagian Control Panel, klik System and Security dan pilih Device manager.
  • Pada Device Manager, anda akan menemukan driver untuk semua hardware yang ada di dalam laptop.
  • Pilih menu Keyboard dan anda akan menemukan pilihan menu driver di bawahnya.

Jika muncul pemberitahuan segitiga kuning dengan tanda seru yang ada didalamnya, itu berarti ada masalah. Ada baiknya anda update Driver Keyboard. Anda bisa mengungguhnya di website resmi produsen laptop tersebut. Kemudian cari Driver Keyboard terbaru yang sesuai dengan perangkat, lalu ungguh dan install.

5. Bawa ke Service Center


Jika semua metode di atas tidak berhasil, kemungkinan besar itu karena masalah Hardware. Sebaiknya periksakan laptop anda ke service center terpercaya seperti ASTRO KOMPUTER.

Biasanya masalah ada pada kawat kecil, seperti kabel pita yang putus, jika itu masalahnya akan dapat dengan mudah diperbaiki.

Jika ternyata masalahnya lebih besar dan kemungkinan biaya perbaikannya mahal. Maka, anda harus berpikir untuk memperbaiki atau membeli perangkat baru.

6. Cara Alternatif yang bisa dilakukan


Jika keyboard laptop anda rusak, sedangkan lima cara di atas tidak efektif, anda dapat menggunakan keyboard USB eksternal untuk mengetik.

Terdapat keyboard eksternal dengan desain yang menarik, meskipun anda menggunakannya dengan sedikit repot. Selain itu jika dalam keadaan darurat, anda bisa menggunakan keyboard Virtual. Caranya dengan klik menu Start, pilih All Programs, pilih Accessories, klik Ease of Access, dan pilih On-Screen Keyboard.


Nah sekarang memungkinkan Anda keluar dari semua kerepotan tersebut, dengan beralih ke

ASTRO KOMPUTER

Saatnya fokus ke proyek Kamu yang sebenarnya! 
Urusan servis Laptop dan Komputer serahkan pada Astro Komputer. 

Posting Komentar

0 Komentar