Cara Mengatasi Wifi Internet yang tidak terdeteksi di Laptop /Notebook


Pada laptop/notebook dengan system windows 7 sebagai sistem operasinya sebenarnya tidaklah susah, hanya kadang hal-hal sepele seperti ini bisa menyusahkan kita jika saat-saat kita butuh koneksi internet dengan mengandalkan jaringan internet wifi “tanpa kabel” untuk keperluan penting yang sifatnya mendadak, naah untuk mengatasi jaringan wifi yang tidak mau terdeteksi dengan laptop windows 7 bisa menyimak penjelasan dari ASTRO KOMPUTER pada artikel ini.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipastikan bila Wifi tidak terdeteksi dengan internet di laptop/notebook windows 7 anda :

1. Berada di Wifi area : Sebelum mengecek yang lainnya pastikan kalau anda memang sudah berada dalam wifi area, dari faktor ini biasanya terjadi pada ruangan yang tertutup sehingga jaringan wifi tidak bisa masuk ke ruangan anda.

2. Jaringan Wifi Normal : Jika jaringan wifi di area anda normal, maka selanjutnya anda bisa mengecek faktor lain yang menyebabkan wifi internet yang tidak terdeteksi di laptop/notebook anda.

Cara Mengatasi WIFI internet yang tidak terdeteksi 

Apabila hal diatas sudah dicek dan ternyata normal dalam artian anda berada di area wifi dan kondisi jaringan wifi sedang normal maka berikut cara mengatasi wifi yang tidak terdeteksi dengan baik di laptop windows 7 :

1. Cek driver WIFI laptop
Cek terlebih dahulu pada Driver apakah WIFI laptop sudah terinstal sesuai seri laptop dan sudah tidak terdapat tanda seru (!) pada device manager, caranya klik Start -> Control Panel -> Device Manager -> Network Adapter, lihat apakah di bagian network adapter sudah terinstall driver Wirelles dan sudah tidak terdapat tanda seru (!), jika sudah lanjut ke cara selanjutnya, tetapi jika ternyata blm ada drivernya atau sudah ada tapi masih ada tanda seru berarti anda perlu menginstall ulang driver laptop yang sesuai.


2. Nyalakan Wifi internet di laptop
caranya dengan menekan Fn+F10 (untuk laptop axio), ada yg Fn+F3 tentunya disesuaikan dengan laptop masing-masing. Mudahnya cukup klik dengan tombol (Fn+tombol yang ada symbol sinyal/pemancar) dan pada beberapa type laptop seperti toshiba lampu indikator wifi akan menyala yang menandakan sinyal wifinya sudah anda hidup/aktifkan.

3. Selanjutnya jika belum berhasil juga, padahal sudah mengikuti cara diatas maka anda bisa melakukan cara ini, yaitu :

  • Masuk ke control panel melalui Start -> Control Panel, pada bagian View By : pilih large Icon maka tampilannya seperti ini
  • Lalu pilih Windows Mobility Center, maka akan tampil seperti ini

  • Pada bagian wirelles dapat dilihat status wirelless “wifi” internet anda, jika statusnya “wireless off” berarti wifi masih belum aktif.
  • Berikutnya pilih tombol “Turn Wireless On” untuk mengaktifkan wifi anda. Selanjutnya, cek hasilnya dengan buka browser dan coba untuk mengakses internet.



Itu tadi adalah cara sederhana untuk mengatasi wifi yang tidak terdeteksi / terkoneksi dengan baik pada laptop anda, jika cara mengatasi wifi yang tidak terdeteksi diatas anda lakukan dengan benar saya pastikan masalah jaringan WIFI di laptop/komputer anda bisa terasatasi. Dan perlu dipahami juga masalah ini cara mengatasinya belum tentu sama dengan masalah WIFI yang tidak terkoneksi di laptop tapi jaringan WIFI terdeteksi, karena khusus masalah yang barusaja saya sebutkan tadi juga cara penanganannya berbeda sesuai dengan pokok permasalahannya.

Berikut adalah Cara Mengatasi Wifi Internet yang tidak terdeteksi di Laptop /Notebook. cukup sekian penjelasan dari ASTRO KOMPUTER Servis Komputer & Printer di Wonosari (HP: 0818 0411 9567), dan semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar