KERUSAKAN PADA PRINTER YANG SERING TERJADI


Printer sudah banyak digunakan oleh masyrakat di era modern seperti ini sebagai sarana mencetak. Baik dunia pendidikan, kerja dan usaha juga memanfaatkan perangkat keras ini sebagai komponen wajib dalam operasional kegiatannya. Tidak hanya urusan cetak printer juga telah dikembangkan lebih jauh lagi dan memiliki fitur-fitur tambahan seperti scanning, fotocopy bahkan Wi-Fi. Printer ini lebih dikenal dikalangan masyarakat sebagai printe multifungsi. Printer multifungsi memang didesain memiliki banyak fitur dan dirancang lebih praktis serta sederhana. Hal ini juga menjawab tantangan dunia di era globalisasi yang lebih cepat dan dituntut untuk selalu bergerak dengan mobilitas tinggi.

Printer sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan swasta dan instansi pemerintah. Perangkat ini memang sangat penting apalagi dalam urusan dokumentasi. Aktivitas perkantoran yang padat mewajibkan alat ini untuk bekerja tanpa henti. Hal ini sangat berpengaruh terhadap performa printer. Sehingga kemungkinan terjadi kerusakan pada printer sangat besar. Kerusakan terjadi pada salah satu komponen atau bagian printer. Tapi sangat memungkinkan kerusakan terjadi lebih dari satu printer.

Berikut bagian-bagian komponen printer yang sering rusak :

1. Mainboard

Mainboard merupakan komponen inti dan induk dari sebuah printer. Harganya juga tidak murah alias mahal. Mainboard bertugas dalam mengatur semua perintah kerja dan merupakan tempat dimana pergerakan mekanik dan olahan semua data berada disini.Kerusakan printer pada mainboard :

  1. Diode yang terdapat pada mainboard mengalami kerusakan dan menyebabkan system pada mainboard mati total.
  2. Mainboard yang rusak juga akan bermasalah, karena mainboard tidak dapat mendeteksi tinta printer. Hal ini ditandai dengan bagian fusenya yang rusak.


2. Head and Catridge

Bisa disebut sebagai otak dari output/keluaran printer. Perintah print text maupun gambar dicetak dalam bentuk hardfile disini. Permasalahan kerusakan printer yang sering terjadi di head catridge adalah hasil cetakan hardfile terdapat garis-garis. Bahkan akibat kerusakannya tinta tidak keluar sama sekali. Hal ini tentunya merupakan permasalahan yang akan sangat merepotkan. Sehingga dibutuhkan perawatan yang rutin terhadap komponen ini.

3. Encoder

Encoder bertugas sebagai timer pada head. Komponen ini tidak terdapat pada beberpa jenis printer. Letaknya berada dibelakang head dan menepel pada catridge.Kerusakan printer yang terjadi pada bagian ini biasanya :
  1. Head atau catridge bergerak ke kanan dan kekiri sangat cepat
  2. Hasil cetak berupa text atau gambar menyerong dan berbayang kesamping


Hal ini biasanya terjadi karena bagian ini kotor atau rusak.

4. Sensor Paper

Prinsip kerja dari alat ini adalah sebegai detector atau pendeteksi ada atau tidak adanya kertas yang akan diprint. Alat ini juga bertugas dalam mendeteksi ukuran sebuah kertas.  Alat ini terdapat pada bagian atas rol atau samping penarik kertas.Kerusakan printer yang sering terjadi :“paper jam” merupakan informasi yang muncul pada layar. Hal ini berarti terdapat bekas kertas yang tersangkut didalam printer. Hal ini akan menyebabkan terjadinya masalah pada printer. Terdapat peringatan lampu led dibagian kertas menyela bila permasalahan ini terjadi.

5. Rol Penarik Kertas

Alat ini berfungsi untuk menarik kertas pada printer. Permasalahan yang biasa terjadi pada bagian ini ssperti :Karet pada roll sudah menipis dan akibatnya printer akan menarik kertas lebih dari satu lembar bahkan tidak bisa menarik kertas sama sekali.

6. Power Supply

Power supply berperan penting dalam pengoperasian printer. Bertugas untuk memberikan tenaga untuk menghidupkan printer selain itu komponen printer juga disuplay tegangannya dari bagian ini.Kerusakan printer yang sering terjadi pada power supply adalah Tidak berfungsinya power supply akan berakibat tidak berfungsinya printer sama sekali.

7. Kabel Flexible

Sangat jarang bagian ini sering terjadi masalah. Tetapi kerusakan printer pada bagian ini yang kemungkinan terjadi seperti :
Tidak bisa mendeteksi katrid meski sudah diganti katrid yang lain.
Apabila sensor encoder belum dipastikan kelayakannya. Hal ini akan berpengaruh pada Head catridge yang akan bergeser geser kanan kiri secara cepat.

8. Timing Disk

Kualitas kertas sedang dan foto sangat berpengaruh pada kecepatan jalannya saat mencetak. Komponen ini bertugas sebagai pengatur jeda waktu saat printer mulai menarik kertas. Itulah gunannya timing disk berada walaupun tidak semua printer memasang komponen ini kedalamnya.Kerusakan printer yang sering terjadi :
  1. Gambar atau teks hasil cetakan berbayang-bayang kearah bawah
  2. Pengaturan waktu rol menjadi sangat cepat. Hal ini ditandai dengan lampu indicator menyala selama kira-kira 3 detik.


Mencuci noda tinta yang menempel pada timing disk bisa menurunkan dan meminimalisir masalah yang terjadi pada komponen ini.

Untuk itu ASTRO KOMPUTER Menyediakan Jasa Service Printer yang ada di Wonosari. Kami juga melayani service Komputer dan Laptop di Wonosari.

Posting Komentar

0 Komentar